Kamis, Januari 01, 2009

Happy New Year

Hari ini awal dari tahun 2009. Awal dari penulisan tanggal dan bulan. Awal pengingatan untuk menuliskan 2009 bukan lagi 2008.

Menurut kalender Chinese tahun 2009 ini adalah tahun kerbau (akan dimulai 26 Januari nanti). Tahun yang penuh dengan kerja keras dan tantangan. Apalagi di tahun 2008 lalu banyak terjadi krisis dimana-mana dan harga-harga saham dunia jatuh. Banyak perusahaan yang jatuh dan di tahun 2008 itu pula Lehman Brothers yang telah berusia lebih dari 150 tahun pun tidak dapat mempertahankan eksistensinya. Belum lagi pengangguran dimana-mana.

Maka tahun 2009 ini adalah tahun tantangan bagi kita semua untuk dapat mempertahankan diri dari segala macam persoalan ekonomi yang belum tak terdeteksi sampai kapan akan berakhir. Roda ekonomi harus terus bergerak.
Asap dapur harus terus mengepul walaupun berkurang.
Perut harus tetap terisi agar dapat tetap sehat, berpikir jernih dan bekerja.
Pikiran harus tetap optimis dan menyongsong tahun ini dengan semangat yang baru.
Kerjasama dan partisipasi sangat diperlukan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Tahun yang berat dan dampak dari resesi dunia masih belum ketahuan sampai kapan. Sementara terjadi penyerangan di Palestina...
Sementara kriminalitas meningkat akibat tuntutan perut....
Sementara kekerasan masih saja terjadi...
Akankah ada keamanan?
Akankah ada perubahan ditahun ini?
Akankah ada harapan bahwa tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.

Ada..
Ya akan ada perubahan jika kita mau berubah
Ya akan ada harapan jika kita berusaha lebih baik
Ya akan ada keamanan jika kita bekerja sama dengan seluruh lapisan masyarakat dan meningkatkan toleransi dan saling pengertian serta tidak mementingkan diri sendiri dan golongan
Ya akan ada segalanya jika kita mau berusaha

Selamat tahun baru
Semoga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.
Segala pengalaman buruk, kepahitan, kesusahan dan penderitaan kita kubur dalam-dalam dan kita jadikan sebagai bagian dari kehidupan masa lalu dan kita jadikan sebagai pengalaman.
Kita songsong mentari baru yang lebih ceria dan penuh rasa syukur bahwa kita masih diberi kesempatan untuk menikmati dan menjalani semuanya.

Tidak ada komentar: